Jumat, 01 April 2016

Gerhana Matahari

Pasti dipikiran kalian ada terlintas apaan sih gerhana matahari itu? Apa ada macam macam matahari kalau ada,apa aja sih? gimana sih terjadinya gerhana matahari total ? waktunya kapan sih?kok semua orang antusias banget sih untk menantikan gerhana matahari?
SO….. kami berdua akan menjawab dan menjelas kan semua pertanyaan pertanyaan yang ada dipikiran kalian sedetail-detail mungkin,JADI…. Simak baik-baik yah. Pertama kami akan menjawab apa sih gerhana matahari itu? Gerhana matahari adalah ketika posisi bulan terletak diantara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. bukannya bulan tu lebih kecil dari matahari yah?memang iya sih,tapi… bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karna bulan yg berjarak rata-rata 384.400km dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 km.
Apa ada macam-macam gerhana matahari? iya ada lah.macam macam gerhana matahari :
1.       Gerhana total terjadi apabila saat puncak gerhana,piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh  bulan.piringan bulan lebih besar dari piringan  matahari.piringan matahari dan piringan bulan berubah-ubah tergantung masing-masing bumi-bulan dan bumi-matahari.
2.       Gerhana sebagian terjadi apabila piringan bulan hanya menutup sebagian piringan matahari.Pada gerhana ini,selalu ada bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan.
3.       Gerhana cincin terjadi apabila piringan bulan hanya menutup sebagian dari piringan  matahari.gerahana ini terjadi apabila ukuran  piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari sehingga piringan bulan berada didepan piringan matahari,tidak seluruh piringan matahari tertutup oleh piringan bulan,disekeliling piringan bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya
4.       Gerhana hibrida terjadinya pergesearaan antara gerhana total dan gerhana cincin pada titik tertentu dipermukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total,sedangkan pada titik lain muncul sebagai gerhana cincin.gerhana ini termasuk relatif jarang  
Gimana sih proses terjadinya gerhana matahari total ? terjadinya gerhana matahari total hanya berlangsung dipermukaan bumi yang terkena bayangann inti (umbra) bulan. Karena Bulan lebih kecil dibandingkan dengan bumi.maka gerhana ini tidak dapat berlangsung lama.biasanya gerhana ini berlangsung sekitar 7 menit.gerhana ini selalu diawaln dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.

PIRINGAN: lempengan atau penampakan yang terlihat dimuka bumi
            

Kapan sih waktunya terjadi gerhana matahari? Yaa sekitar 350 tahun sekali,jadi kita hanya bisa liat gerhana matahari sekali dalam seumur hidup (menurut gua)

kok semua orang antusias banget sih untk menantikan gerhana matahari? Ya karna tadi  itu coba lu pikir kan gerhana matahari muncul setiap hari, sedangkan waktu normalnya 350 tahun sekali kalo tiap hari kiamat dong
pasti kalian pernah dengar dari tetangga atau tv atau media massa tentang mitos gerhanan,Nah sekarang kita akan bahas tentang mitos-mitos gerhana matahari.
Mitos pertama dari Jawa(INDONESIA).
Fenomena ini dipercaya saat raksasa Betara Kala atau Rahu menelan matahari karna dendam pada Sang Surya atau Dewa Matahari hal inilah yang terjadinya gerhana.Dalam masyarakat jawa ada larangan bagi para wanita hamil untuk keluar dari rumah.anak nak kecil di haruskan masuk keumah untuk menghindari murka Bentara Kala. Hingga saat ini di beberapa wilayah, mitos ini masih di pegang teguh
Mitos kedua dari Jepang
Masyarakat jepang percaya bahwa saat gerhana matahari adalah sebuah wabah yang sangat bebahaya. Ketika gerhana matahari terjadi,orang jepang percaya sedang ada racun yang ditebar.saat matahari tertutup dan membuat gelap saat itu diyakini racun yang disebar.untuk menghindari air terkontanimasi racun,mereka akan menutupi sumur-sumur mereka
Mitos ketiga dari china
Masyarakat china percaya bahwa gerhana matahari disebabkan adanya seekor naga yang sedang melahap matahari menurut legenda dulu ada 2 astrolog bernama His dan Ho yang dieksekusi mati karna gagal memprediksi waktu terjadinya gerhana
Mitos keempat dari Mesir Kuno
Pristiwa gerhana matahari dikaitkan dng kisah Dewa Ra.Ra adalah Dewa yang berkepala elang yang merupakan dewa matahari.dalam keseharian Ra memimpin sebuah perahu yang banyak berisi dewa guna melintasi langit..jika terjadinya gerhana matahari berarti Appep tlah berhasil menghentikan Ra walaupun pada akhirnya Ra tetap berhasil meloloskan diri dan matahari kembali bersinar.(Appep adalah dewa ular laut yang jahat)
Mitos kelima dari India
Mitos india diyakini gerhana matahari teerjadi 2 setan yakni Rahu dan ketua yang menelan matahari masyarakat india menyarankan pada wanita hamil untuk tetap didalam rumah selama gerhana berlangsung agar bayi mereka tak terlahir cacat.

Menurut Kami berdua sih kalian harus berfikir dengan kepala jernih dan serius dalam meyakini mitos mitos tersebut oke kami akan membahas tentang kenapa sih orang yang beragama Islam menyarankan umatnya/pengikutnya untuk  melakukan sholat gerhana?karna, ”pernah terjadi gerhana matahari  pada zaman Rasullluah shallallahu ‘alaihi wa sallam.Nabi lantas berdiri takut karna khawatir akan terjadi hari kiamat,sehingga beliau pun mendatangin masjid kemudian beliau  mengerjakan sholat dengan berdiri , ruku’ dan sujud yang lama.Aku belum pernah melihat beliau melakukan shalat sedemikian rupa”(H.R Muslim)


Sekian dari artikel kami mohon maaf kurang atau lebihnya,makasi dah menyimak artikel 


by:riska ~ vio
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Copyright © riska febrianti | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑